Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Jantung dan Tulang

Seperti kita ketahui bersama, pisang merupakan buah yang banyak khasiatnya, terutama untuk kesehatan. Buah ini sering kita jumpai di sekitar kita dan banyak olahan yang bisa dibuat dari buah pisang seperti pisang goreng, pisang rebus, keripik pisang dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya disini. Dari sekian banyak manfaat yang bisa diambil dari buah pisang, buah ini juga baik untuk kesehatan Jantung dan tulang, berikut ulasannya.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Jantung dan Tulang

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Jantung

Pisang juga kaya vitamin B6, yang meningkatkan fungsi kognitif. Dalam sebuah penelitian oleh Tuft’s University, pria dengan konsentrasi vitamin B6 yang lebih tinggi berperforma lebih baik dalam tes memori. Dan magnesium dalam pisang memfasilitasi aktivitas listrik antara sel-sel saraf di otak Anda.

Lebih penting lagi, sel-sel di otak Anda menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Karena otak kita tidak dapat menyimpan glukosa, kita harus secara teratur menyediakannya. Pisang (karena mengandung serat) melepaskan gula mereka perlahan-lahan ke dalam aliran darah, dan tubuh Anda menggunakan gula ini lebih bertahap daripada gula rafinasi (kue kering dan permen, dll.) – ini menyediakan pasokan glukosa yang stabil ke otak Anda.

Kalium dalam buah pisang juga menjaga kadar oksigen dalam sel-sel otak menjadi normal kembali. Buah ini juga kaya mangan yang diketahui dapat mencegah kondisi otak seperti epilepsi dan penyakit Parkinson ( 13 ), ( 14 ). Serotonin dan melatonin dalam pisang mempromosikan menghilangkan stres.

Kami sudah melihat pisang kaya akan vitamin B6. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan kebingungan, depresi, dan neuropati perifer ( 15 ). Makan pisang secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otak dan fungsi saraf. Mereka membantu meningkatkan konsentrasi juga.

Penelitian juga menunjukkan bahwa potasium dalam pisang dapat membantu mencegah stroke di usia tua ( 16 ). Dan dalam kasus wanita pasca-menopause, makan pisang bisa mengurangi risiko stroke hingga 12 persen ( 17 ). Menurut American Academy of Neurology, individu dengan asupan kalium rendah bisa 1,5 kali lebih mungkin menderita stroke ( 18 ). Meskipun potasium tidak memiliki efek pada stroke hemoragik yang disebabkan oleh perdarahan mendadak (tipe yang kurang umum), kalium ini membantu memerangi stroke iskemik (yang merupakan 80 persen dari stroke) ( 19 ).

 

Manfaat Pisang Untuk Tulang

Menurut National Osteoporosis Foundation, potasium dalam pisang baik untuk kesehatan tulang ( 20 ). Pisang juga merupakan sumber silikon yang baik, yang, sebagaimana studi pendahuluan tertentu, dapat berkontribusi terhadap kesehatan tulang ( 21 ). Dan magnesium dalam buah adalah nutrisi penting lainnya untuk struktur tulang ( 22 ).

Makanan kaya potasium juga menghasilkan alkali dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan asam-basa. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ketika tubuh bersifat asam, tulang mendapatkan sinyal untuk menetralisir asam – dan tulang cenderung mencapai ini dengan memecah untuk melepaskan alkali. Tapi makanan kaya kalium dapat mencegah hal ini dan memungkinkan tulang mempertahankan strukturnya ( 23 ). Dengan kata lain, konsumsi kalium dapat mencegah kehilangan kalsium dari tulang ( 24 ).

Asupan kalium juga terbukti meningkatkan kepadatan tulang pada wanita senior. Penelitian ini juga menghubungkan asupan kalium jangka panjang dengan penurunan risiko osteoporosis ( 25 ). Studi lain Amerika menghubungkan konsumsi kalium dengan pencegahan keropos tulang yang berkaitan dengan usia ( 26 ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *