Makna Dibalik Lagu Nasional Mengheningkan Cipta

Setiap upacara pasti anda pernah mendengar moment dimana anda harus menundukkan kepala, saat sang pemimpin upacara memberi komando mengheningkan cipta. Pada saat itu biasanya anda akan mendengarkan kelompok paduan suara menyanyikan lagu, dan apakah anda tahu apa makna dibalik lagu mengheningkan cipta itu? Agar anda tak penasaran, berikut ini kami jelaskan apa makna dibalik lagu nasional ini.

Mengheningkan cipta dilakukan dalam waktu beberapa menit, diharapkan dalam waktu mengheningkan cipta ini anda berdiam dan menghayati beberapa hal. Pertama adalah mengenang perjuangan para pahlawan, ketika memperjuangkan negara dengan jiwa dan raganya. Kemudian mendoakan pada pahlawan yang telah gugur di medan perang, dan menghormati jasa yang telah mereka berikan.

Lagu nasional mengheningkan cipta ini merupakan ciptaan T. Prawit, dimana lagu ini cukup singkat untuk di nyanyikan. Biasanya lagu ini dinyanyikan cukup singkat dan tempo yang pelan, tujuannya agar anda bisa tenang dalam menghayati saat mengheningkan cipta.

Lirik lagu yang tertulis dalam lagu mengheningkan cipta ini juga sangat sesuai untuk menghargai jasa para pahlawan, agar anda tak penasaran berikut ini kami sajikan lirik dari lagu mengheningkan cipta ini.

  • lirik 1

Dengan seluruh angkasa raya memuji,

Pahlawan negara,

Nan gugur remaja diribaan bendera,

Bela nusa bangsa

  • lirik 2

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa,

Harga jasa,

Kau Cahya pelita,

Bagi Indonesia merdeka

Dari lagu nasional diatas, tentu anda bisa memahami sendiri secara harfiah. Bukan hanya secara harfiah, sebagai warga negara yang baik kita juga perlu mengetahui secara pasti apa makna didalamya. Sehingga kita bisa benar-benar menjiwai saat sedang melakukan mengheningkan cipta, dan bisa mengemban amanah yang dipesankan oleh para pejuang untuk menjaga kemerdekaan indonesia ini.

Pada lirik pertama mengartikan dimana seluruh warga indonesia saat itu berjuang sebagai pahalawan, tak seidkit remaja yang harus tumbang dalam memperjuangkan bangsa indonesia ini. Kemudian di lirik kedua menjelaskan bahwa generasi selanjutnya akan selalu mengenang, jasa yang telah diberikan sebagai cahaya bagi indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *